Senin, 20 Maret 2017

Bangga Jadi Pramuka



Karya: X IPS 4


Pramuka.. pramuka.. pramuka..!!!
Banyak orang bilang pramuka itu melelahkan, tetapi jika kita sudah terbiasa, maka rasa lelah itu akan terganti dengan rasa gembira. Dan ketika didalam hati kita sudah timbul sebagai jiwa pramuka, maka kita akan senang hati menjalaninya. Memang sih.., awalnya sangat melelahkan, tetapi jika kita sudah terbiasa maka kita akan menganggap bahwa pramuka itu asyik.
Sejak duduk di sekolah dasar, aku sangat suka dengan pramuka. Awalnya aku sempat bingung sih, ayahku seorang pramuka, ibuku senang pramuka, dan aku?? Sangat cinta dengan pramuka. Hmm.. bisa dibilang seperti keluarga pramuka gitu. Ehh, kok jadi curhat sih?? Hihihi...
Kalian tahu nggak sih?? Pada tanggal 14 Agustus 2015, tepatnya saat Dirgahayu pramuka ke-54 dan aku masih jadi penggalang, sekolahku mengikuti upacara peringatan hari pramuka. Ketika aku sedang belajar tiba-tiba bu Hesti (pembina pramukaku) datang ke kelasku. "Disini siapa yang mengikuti ekskul pramuka?" Tanya bu Hesti. Akupun mengacungkan telunjukku.
"Besok kamu ikut upacara peringatan HUT Pramuka di sekolah ya.. jam lima pagi harus sudah berada disekolah. Oh ya, jangan lupa berseragam lengkap ya yang ingin membawa makanan juga boleh." Ucap bu Hesti.
Bu Hesti juga menunjuk beberapa teman dikelasku untuk mengikuti upacara.
"What?? Jam lima pagi? Mana bisa aku bangun lebih awal dari biasanya?" Gumamku dalam hati.
Malamnya, aku tidak ingin tidur larut malam, karena besok aku harus bangun jam empat, kurasa jam segitu cukup untuk sholat subuh dan bersiap-siap.
Paginya, aku berangkat diantar oleh kakakku. Kami berangkat dari sekolah pukul 05.30. Setelah beberapa lama diperjalanan, kami pun sampai sekolahan pukul 07.00. Upacara pun dengan khidmad. Setelah melaksanakan upacara, kami tidak diperbolehkan untuk keluar dari barisan karena masih ada berbagai pertunjukan seperti marcing band, reog ponorogo, dan ondel-ondel. Setelah rangkaian acara selesai, kami tidak langsung pulang. Kamipun makan siang bersama. Saat itu suasana sangat ramai dengan anak-anak pramuka yang bermain semaphore.
Setelah makan siang, kami bermain-main sebentar, setelah puas bermain kamipun kembali kesekolah.
Hari yang sangat melelahkan. Tetapi aku bersyukur, di perayaan HUT Pramuka yang ke-54 ini aku bisa merayakannya bersama sahabat-sahabatku. Hari yang paling berkesan dalam hidupku. Serunya bisa menjadi anggota pramuka. Bisa menambah pengalaman baru, menambah teman, dan aku baru tahu bahwa pramuka tidak boleh takut kotor! Aku bangga sekali menjadi anggota pramuka.

0 komentar:

Posting Komentar