Selasa, 21 Maret 2017

Materi Pengelola Dewan Ambalan



Salam pramuka!!!
Apa kabar sahabat pramuka. Semoga sehat selalu. Dikesempatan yang bahagia ini kami mau sedikit berbagi mengenai Kursus Pengelola Dewan Ambalan (KPDA) dan pengukuhan Dewan Ambalan SMA Negeri 1 Padangan yang telah kami  laksanakan beberapa waktu lalu. Langsung saja  ya!!! Chek it out.

Pada kegiatan KPDA kami memperoleh materi dari beberapa tokoh pramuka loh sobat. Ada kak didit, yang berbagi materi tentang pengurusan administrasi dewan ambalan. Ada juga kak ojik yang sharing materi tentang pramuka kekinian dan gugus depan. Nah yang terakhir ada kak yitno yang berbagi materi tentang kepemimpinan. Kami sangat bangga kepada semua tokoh pramuka tsb, mereka merelakan waktunya untuk pramuka dan yang paling membuat kami salut, mereka bertekad merubah mindset para anggota pramuka agar tidak monoton dengan pemikiran pemikiran yang kurang tepat. Mereka menginginkan pramuka memberi perubahan yang positif untuk bangsa dan negara. Wah wah makin salut banget deh sama kakak kakak.

Oh ya sahabat pramuka, kursus pengelola dewan ambalan (KPDA) yang kami laksanakan beberapa waktu lalu, adalah pertama kali kami laksanakan. Banyak sekali ilmu yang kami dapatkan mengenai kepengurusan dewan ambalan yang lebih baik.

Pertama administrasi, dulunya kami berfikir bahwa administrasi hanya berkecimpung tentang keuangan saja. Kami rasa sahabat pramuka juga berfikiran sama dengan kami, Right!!! Ternyata administrasi itu mengenai semua kepengurusan yang ada di gugus depan. Mulai dari papan nama gugus depan, no. Induk peserta, keuangan gugus depan, hingga keluar masuknya surat, juga termasuk administrasi. Kami juga diajari mengenai pembuatan surat yang benar. Mulai dari kop surat, penomoran surat, lampiran, hingga isi dan penutup. Yang jelas banyak banget sobat, mengenai administrasi.

Yang kedua, kami mendapatkan materi tentang gugus depan dan pramuka kekinian. Kalian pasti sudah tau kalau gugus depan adalah tempat para pramuka muda untuk berkumpul, berbagi ilmu, dan lain sebagainya. Kami juga diajari cara Upacara yang benar. Sahabat pramuka pasti sudah tau banyaknya upacara yang ada dalam kepramukaan. Jadi terlihat bedanya pramuka dengan organisasi yang lain. Tidak hanya upacara dalam pramuka. Kami diberi wawasan tentang pramuka kekinian. Jangan salah pemikiran ya sahabat, pramuka juga bisa kekinian lo!!! Banyak orang yang tidak suka pramuka, dan mereka hanya memandang satu sisi dari pramuka ,mereka beranggapan bahwa pramuka hanya terdiri dari sekumpulan generasi muda yang hanya tepuk tepuk dan bercanda tawa bersama. Ini adalah tugas kita bersama sahabat, untuk membuktikan kepada mereka yang memandang pramuka dari satu sisi. Bahwa seorang pramuka juga bisa menjadi orang orang hebat. Kalian pasti tau kan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro?? Bapak Hanafi. Itu juga anggota pramuka. Mereka menjadikan pramuka sebagai dasar meraih cita-citanya. Keren ya!!!


Yang ketiga. Kita dapat ilmu mengenai kepemimpinan. Ilmu yang satu ini wajib dimiliki oleh seorang pramuka penegak. Dimana mereka akan mengetahui cara menjadi seorang pemimpin yang tanggung jawab dan adil. Saat materi ini kami mendapatkan tugas untuk menyelesaikan masalah yang ada pada gugus depan yang terdiri dari beberapa kelompok. Ini menjadi pembeda, bahwa pramuka selalu menyelesaikan masalah secara bersama sama dan mencari solusi terhadap masalah tersebut dan tentunya tidak saling menyalahkan satu sama lain. Itu yang membuat kami bangga menjadi anggota pramuka, jiwa korsa sangat tinggi. Nah setelah menyelesaiakan masalah yang diberikan oleh kak yetno, masing masing kelompok mempresentasikan hasil keputusan yang sudah disepakati oleh kelompoknya. Sebenarnya tugas yang utamanya adalah Mengamalkan hasil keputusan masing masing kelompok tersebut kedalam ketertiban gudep. Sungguh sebuah amanah yang harus dilaksanakan!!!



Selain itu kami juga mendapatkan pengarahan, semangat dan motifasi dari kakak pembina kami yaitu kak Nia. Kak Nia juga berpesan kepada kami untuk selalu bekerja sama dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pramuka. Karena kekompakan adalah kunci keberasilan kita dalam suatu kegiatan. Kalau semua kegiatan kita laksanakan dengan ikhlas dan didasari rasa memiliki kegiatan tersebut. Maka semua kegiatan akan mudah dilaksanakan dan tentunya akan memperoleh hasil yang maksimal. 

Setelah semua materi kami terima, tidak terasa jam sudah menunjukkan pukul 23.00 WIB. Saatnya berlabuh kepulau impian. Keadaan yang sangat sunyi, seoalah berada disebuah pulau mimpi yang tidak ingin meninggalkannya.. mimpi yang indah. Pulau mimpi yang mempesona dengan aliran sungai dan alunan nada yang indah, menambah suasana yang nyaman disana.

Suara panggilan alam telah berkumandang tak terasa sang fajar mulai menampakkan sinarnya. Menggugah semangat kami untuk melakukan senam pagi. Pong sipong, gummy bear, pinguin, gemu famire, menjadi senam wajib saat kegiatan pramuka. Gerakannya yang simple, instrumennya yang sangat ceria. Menambah semangat kami untuk melakukan kegiatan selanjutnya. 

Senam telah usai, dan kegiatan kami lanjutkan dengan syukuran. Alhmdulillah kemarin pada kegiatan ISC (IKIP Scout Competition) 2016 gudep kami mendapatkan 8 piala. Pada syukuran ini adalah bentuk syukur atas prestasi yang kami peroleh bersama dengan harapan kami ingin meningkatkan kemampuan kami dan ingin terus belajar agar menjadi pramuka yang lebih baik lagi. Serta Semoga Allah senantiasa memberikan kesempatan kepada kami untuk bisa memberikan yang terbaik untuk pramuka. amin...



Kegiatan selanjutnya adalah outbound. Kunci pelaksanaan outbond kali ini adalah kerjasama. Melewati sarang laba-laba yang terbuat dari tali ,  mengangkat bak yang berisi tepung dengan tiga buah tongkat, yang permainan terakhir kami disuruh mengupas kelapa muda dengan berbagai alat, ada yang menggunakan pisau, sabit, linggis dan bendo. Sangat mustahil banget!! Ngupas kelapa pakek pisau hanya untuk mengambil air kelapa. Tapi ketika kami melakukan bersama tidak ada hal yang mustahil. Banyak hal yang sulit tetapi tidak ada hal yang mustahil.

Waktu yang ditunggu tunggu telah tiba, pengukuhan dewan ambalan SMA N 1 PADANGAN tahun 2016. Benar benar sakral, adat siraman dengan bunga bunga yang harum membasahi hasduk dan seragam coklat kami. Yang menyadarkan kami bahwa semakin besar tanggung jawab kami menjadi pengurus ambalan. Harus membawa nama baik gugus depan, berprestasi dengan semua bakat anggotanya.
(sangat disayangkan dokumentasinya belum ketemu kakak, hehe). 

Sekian !!!!!!!, semoga artikel kami bisa bermanfaat untuk kakak-kakak. 

By Kak Suci Nut Arum P. R.


1 komentar:

  1. Saya tidak bisa menutup rumah pertama saya tanpa Tuan Pedro! Pedro dan timnya melampaui dan melampaui saya dalam transaksi ini. Dia menangani waktu penyelesaian saya yang sangat ketat dengan mudah dan selalu tersedia untuk saya ketika saya memiliki pertanyaan (dan saya punya banyak pertanyaan), bahkan ketika dia jauh dari kantor, yang sangat saya hargai! Dia dan timnya menangani banyak pertengkaran di menit-menit terakhir dengan penjual dan bekerja tanpa lelah untuk memastikan bahwa saya dapat menutup sebelum masa sewa saya (dan bantuan uang muka saya, dalam hal ini) berakhir. Tuan Pedro adalah Petugas Pinjaman yang sangat berpengetahuan, sopan, dan sabar. Saya melewati beberapa penawaran properti sebelum pembelian terakhir saya, dan Pedro ada di sana untuk membantu setiap penawaran, sering kali berkoordinasi dengan agen saya di belakang layar. Saya merasa didukung sepanjang seluruh proses. Berkat Pedro dan upaya tak kenal lelah timnya, saya sekarang menjadi pemilik rumah yang bangga! Saya akan mendorong Anda untuk mempertimbangkan Pedro dan perusahaan pinjamannya untuk segala jenis pinjaman.

    # Pinjaman mobil

    # Pinjaman rumah

    # Pinjaman bisnis

    # Pinjaman pribadi



    Tuan, Pedro Penawaran Pinjaman

    Email- pedroloanss@gmail.com.

    Atau WhatsApp: +18632310632

    BalasHapus